Postingan

Pengertian Hukum Haram dalam Ushul Fiqh

Gambar
Haram atau Tahrim adalah, اَتَّحْرِيْمُ هُوَ خِطَابُ اللّه تَعَالَى الطَّالِبُ لِلْكَفِّ عَنِ الْفِعْلِ طَلَبًا جَازِمًا Tahrim atau Haram adalah khithab/titah/firman Allah yang menuntut untuk meninggalkan sesuatu perbuatan, dengan tuntutan yang tegas/mengharuskan. Definisi lain adalah اَلْحَرَامُ هُوَ مَا يُثَابُ عَلَى تَرْكِهِ وَيُعَاقَبُ عَلَى فِعْلِهِ Haram atau Tahrim adalah suatu larangan jika dilakukan (dianggap berdosa serta) mendapatkan siksa; dan jika ditinggalkan mendapat pahala. Jadi, tuntutan meninggalkannya bersifat sangat tegas, harus ditinggalkan. Contoh hukum haram: وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ *وَحَرَّمَ الرِّبٰوا ۗ * "Padahal, Allah telah menghalalkan jual-beli *dan mengharamkan riba..."* (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 275) Atau seperti contoh: *وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰٓى* اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗ وَسَآءَ سَبِيْلًا *"Dan janganlah kamu mendekati zina;* (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra' 17: Ayat 32)

Pengertian Hukum Wajib dalam Ushul Fiqh

Gambar
"Wajib" atau "wujub" dalam bahasa memiliki sinonim dengan kata "al tsubut" atau "al luzum" (artinya tetap atau positif), atau "al suquth" (artinya gugur). Secara istilah, setidaknya memiliki makna: الواجب شرعا هو ما يثاب على فعله ويعاقب على تركه. "Wajib adalah suatu perbuatan jika dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan mendapat siksa". Dalam pengertian lain, wajib bermakna, الواجب شرعا هو ما طلب الشارع فعله من المكلف طلبا جازما. Wajib menurut syara' adalah apa yang dituntut oleh syara' kepada mukallaf untuk dilakukan dengan tuntutan keras. Atau الإجاب هو خطاب الله تعالى الطالب للفعل طلبا جازما. Ijab (Wajib) adalah khithab Allah (firman Allah) yang menuntut suatu perbuatan dengan tuntutan yang pasti. Jika disimpulkan, wajib adalah khithab yang menuntut dilakukannya sebuah perbuatan selain mencegah, dengan tuntutan yang bersifat mengharuskan atau tidak boleh ditinggalkan. Para ahli ushul bersepakat bahwa wajib

Menjelaskan Tentang karakteristik kelompok Wahhabi - Kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah Karya Hadlratus Syaikh Hasyim Asy'ari - 3

Gambar
___________________________________________   قال المؤلف رحمه الله تعالى: قال العلامة الشيخ محمد بخيت الحنفي المطيعي في رسالته المسماة “تطهير الفؤاد من دنس الإعتقاد”: وهذا الفريق قد ابتلي المسلمون بكثير منهم سلفا وخلفا، فكانوا وصمة وثلمة في المسلمين وعضوا فاسدا يجب قطعه حتى لا يعدى الباقي، فهو كالمجذوم يجب الفرار منه، فإنهم فريق يلعبون بدينهم، يذمون العلماء سلفا وخلفا، ويقولون إنهم غير معصومين فلا ينبغي تقليدهم، لا فرق في ذلك بين الأحياء والأموات، ويطعنون عليهم ويلقون الشبهات، ويذرونها في عيون بصائر الضعفاء لتعمى أبصارهم عن عيوب هؤلاء، يقصدون بذلك إلقاء العداوة والبغضاء بحلولهم الجو ويسعون في الأرض فسادا، يقولون على الله الكذب وهم يعلمون، يزعمون أنهم قائمون بالأمر بالمعروف والنهي عن المنكر، حاضون الناس على اتباع الشرع واجتناب البدع، والله يشهد أنهم لكاذبون. "al Allamah asy Syaikh Muhammad Bakhit al Hanafi al Mathi'iy dalam Risalahnya yang diberi nama "Tathhir al Fuad min danas al I'tiqad" berkata: Kelompok ini (Wahhabi), umat Islam pada masa lalu dan sekarang diu

Menjelaskan Tentang permulaan munculnya bid’ah dan penyebarannya di tanah Jawa (Nusantara) - Kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah Karya Hadlratus Syaikh Hasyim Asy'ari - 2

Gambar
___________________________________________ قال المؤلف رحمه الله تعالى: (فصل) في بيان تمسك أهل جاوى بمذهب أهل السنة والجماعة، وبيان ابتداء ظهور البدع وانتشارها في أرض جاوى، وبيان أنواع المبتدعين الموجودين في هذا الزمان. Pasal menjelaskan tentang berpegang teguhnya penduduk Jawa (Nusantara) pada madzhab Ahlussunnah Wal Jama’ah, dan penjelasan tentang permulaan munculnya bid’ah dan penyebarannya di tanah Jawa (Nusantara) dan penjelasan tentang macam-macam ahli bid’ah yang ada pada zaman ini. قد كان مسلموا الأقطار الجاوية في الأزمان السالفة الخالية متفقى الآراء والمذهب، متحدى المأخذ والمشرب، فكلهم في الفقه على المذهب النفيس مذهب الإمام محمد بن إدريس، وفي أصول الدين على مذهب الإمام أبي الحسن الأشعري، وفي التصوف على مذهب الإمام الغزالي والإمام أبي الحسن الشاذلي رضي الله عنهم أجمعين. Masyarakat Muslim di pulau Jawa tempo dulu memiliki pandangan dan madzhab yang sama, memiliki satu referensi dan kecenderungan yang sama. Semuanya dalam bidang fiqih mengikuti madzhab yang baik yakni madzhabny